Motogp Valencia 2018, Bikin Terharu..

MotoGP Musim balap 2018 ditutup dengan balapan yang berjalan esktrem di MotoGP Valencia 2018. Pada klasemen akhir, Valentino Rossi akhirnya berhasil mengunci posisi tiga.

Andrea Dovizioso menjadi pemenang MotoGP Valencia 2018 yang dilangsungkan Minggu (18/11/2018) malam WIB. Di menyentuh garis finis mendahului Alex Rins di urutan kedua dan Pol Espargaro yang merebut podium terakhir.

MotoGP Valencia 2018 sejatinya jadi duel buat dua rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Tinggal mereka berdua yang berpeluang merebut posisi tiga klasemen akhir — setelah Marc Marquez jadi juara dunia dan Andrea Dovizioso mengunci status runner up.

Lintasan basah dan jarak pandang terbatas meminta korban, banyak pebalap mengalami crash. Salah satunya adalah Marc Marquez yang out setelah dia terpelanting dari tunggangannya.

Karena start dari posisi terdepan, Vinales pada awalnya terlihat punya peluang melompati Rossi di klasemen. Tapi rider asal Spanyol itu tak tampil oke di Sirkuit Ricardo Tormo. Posisi terus turun hingga akhirnya mengalami crash.

Balapan juga sempat dihentikan saat race director memutuskan mengibarkan bendera merah. Ketika itu Alex Rins ada di posisi terdepan, Andrea Dovizioso kedua, dan Valentino Rossi ketiga. Sempat dihentikan beberapa menit, balapan kemudian dilanjutkan.

Ini menguntungkan Rossi, yang sebelum balapan dimulai sudah berada di urutan tiga. The Doctor pada akhirnya juga gagal menuntaskan balapan karena crash, yang membuat perolehan poinnya bertahan di angka 195 atau dua angka di atas Vinales.

Baca Juga : MotoGP Malaysia 2018, Rossi Jatuh

Jalannya Balapan MotoGP Valencia 2018

Selepas start, Alex Rins melesat dan memimpin balapan. Maverick Vinales ada di posisi dua, tapi dilewati Andrea Dovizioso di akhir putaran pertama. Marc Marquez di posisi lima dan Valentino Rossi sudah ada di posisi 10.

Marquez sempat melewati Pol Esparparo, tapi kemudian disalip lagi. Rossi terus memperbaiki posisi dan sudah ada di posisi tujuh pada putaran kedua. Pada prosesnya, Vinales kehilangan dua posisi usai dilewati Espargaro dan Marquez.

Marquez merebut posisi tiga dari Pol Espargaro pada putaran keempat. Vinales di lain sisi terus turun dan menempati urutan kedelapan, di belakang Rossi. Rins nyaman memimpin dan unggul nyaris satu detik dari Dovizioso di putaran kelima.

Pol Espargaro jatuh di putaran ketujuh dan kehilangan posisi empat. Tak lama kemudian Marquez out. Rins dan Dovizioso masih jadi dua terdepan, disusul Rossi, Vinales, dan Iannone untuk lima besar.

Sampai putaran ke-10, Rins masih memimpin tapi mulai kesulitan mengontrol motor. Dovizioso di posisi dua, dengan Rossi mulai mendekat. Vinales ada di urutan keempat, tapi terjatuh di lap ke-13! Rossi pun dipastikan mengamankan posisi tiga kejuaraan dunia.

Rins kehilangan posisi terdepan pada putaran ke-14, dilewati Dovizioso dan Rossi. Tak lama kemudian, bendera merah dikibarkan. Karena 3/4 balapan belum terjalani, balapan akan diulang dengan grid sesuai urutan di lap ke-13.

Posisi di lap ke-13 adalah Rins di urutan pertama, disusul Dovizioso dan Rossi pada tiga terdepan. Dani Pedrosa di tempat keempat, diikuti Johann Zarco, Takaaki Nakagami, Alvaro Bautista, Pol Espargaro, Scott Redding, Hafiz Syahrin, Jorge Lorenzo, Stefan Bradl, Michele Pirro, Karel Abraham, dan Jordi Torres.

Selepas restart, Rins menjaga posisi terdepan disusul Dovizioso dan Rossi. Pedrosa ada di posisi empat dan disusul Pol Espargaro. Di akhir putaran pertama, Pol sudah berada di depan Pedrosa sementara Dovizioso melewati Rins.

Di putaran ketujuh, Rossi melewati Rins untuk posisi kedua dan mulai mengejar Dovizioso yang sudah unggul 1,6 detik. Sementara pertarungan juga terjadi untuk posisi empat, antara Pedrosa, Pol Espargaro, dan Pirro.

Sempat mendekat, Rossi malah kemudian tertinggal makin jauh dari Dovizioso di depan dengan selisih lebih dari tiga detik. Di putaran ke-10, Rossi terjatuh saat menikung di tikungan 12. Dovizioso memimpin, disusul Rins dan Pol Espargaro di tiga besar.

Sampai akhir Dovizioso tak melakukan kesalahan dan naik podium teratas. Rins finis kedua dan Pol Espargargo finis ketiga yang mana jadi podium pertama untuk KTM di MotoGP.

Baca Juga : Motor Yamaha Musim 2019 Menurut Valentino Rossi

Balapan Terakhir Dani Pedrosa di MotoGP Valencia 2018

Sempat punya peluang finis di atas podium, Dani Pedrosa pada akhirnya hanya bisa menuntaskan MotoGP Valencia 2018 di urutan lima. Seperti awan yang menutupi sepanjang balapan, musim terakhir Pedrosa kelabu.

MotoGP Valencia menjadi balapan bersejarah untuk Dani Pedrosa. Bukan hanya karena dia sudah meraih banyak sukses di Sirkuit Ricardo Tormo, tapi juga karena ini menjadi balapan terakhirnya.

Pedrosa (33 tahun) sudah memilih pensiun sebagai pebalap dan memilih pekerjaan baru sebagai test rider KTM di musim 2019. Keputusan itu menyudahi perjalanan panjangnya di balapan Grand Prix, yang sudah berjalan berlangsung selama 18 tahun dan semuanya dia habiskan bersama Honda.

Pedrosa, yang total sudah tujuh kali jadi juara di Valencia, hanya bisa finis kelima. Dia sempat bertarung memperebutkan podium, meski akhirnya gagal dan harus menerima kenyataan finis di luar tiga besar.

Kegagalan naik podium di MotoGP Valencia 2018 menandai musim pamungkas yang buruk buat Pedrosa. Untuk kali pertama setelah musim debutnya, Pedrosa sama sekali tak meraih kemenangan. Bahkan dia tak pernah naik podium di musim 2018 ini.

Sejak turun di kelas MotoGP, Dani Pedrosa menjalani musim tersukses pada 2012 saat sukses mengumpulkan 7 kemenangan dan finis sebagai runner up. Sementara di 2014 dan 2016 dia masing-masing meraih satu kemenangan.

Sepanjang kariernya sedari kelas 1255, Dani Pedrosa sudah menjalani 294 balapan. Dia meraih 54 kemenangan, 153 kali naik podium, dan 49 kali dapat pole position. Pedrosa punya tiga gelar juara dunia (1 di kelas 125cc dan 2 di kelas 250cc). Sementara di kelas MotoGP dia tiga kali jadi runner up juara dunia yakni pada 2007, 2010, dan 2012.

Jasa Bola Sportsbook SSport

Sports

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *