Cerita Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia

BERITA GOAL INDONESIA – Gelaran Piala Dunia terkenal dengan kutukan juara bertahan, terutama setelah memasuki era milemium. Benar atau tidaknya, kutukan ini sekarang terjadi sampai saat ini.

Kutukan juara bertahan ini dimulai di Piala Dunia 1998 atau tepatnya 20 tahun lalu. Mitos tersebut beranggapan bahwa juara bertahan Piala Dunia, akan tampil buruk di Piala Dunia berikutnya.

Prancis yang menjuarai Piala Dunia 1998 kandas di babak grup Piala Dunia berikutnya. Masih diperkuat Zinedine Zidane kala itu, Prancis finis di peringkat terbawah Grup A tanpa mampu mencetak gol. Memang saat itu, Prancis gagal lolos dari fase grup Piala Dunia 2002.

Sebagai juara Piala Dunia 2002, Brasil sempat membuat kutukan itu diragukan karena berhasil lolos ke babak perempatfinal dan mampu mampu menjadi juara Grup Piala Dunia 2006.

Namun kutukan itu dilanjutkan oleh Italia, usai juara Piala Dunia 2006, Italia gagal total di Piala Dunia 2010. Italia hanya menjadi juru kunci dan kalah bersaing dengan Paraguay, Slovakia, dan Selandia Baru.

Kutukan ini kembali berlanjut di Piala Dunia 2014. Spanyol di Piala Dunia Brasil, empat tahun lalu. Berstatus juara bertahan, juga juara Piala Eropa, La Furia Roja cuma sekali menang di grup, sehingga harus angkat koper lebih awal. Spanyol yang juara Piala Dunia 2010 gagal lolos dari fase grup.

Kali ini,di Piala Dunia 2018, entah disengaja atau hanya sekadar kebetulan, kutukan tersebut kembali dilanjutkan oleh Jerman yang menyandang status sebagai juara bertahan Piala Dunia 2014.

Kutukan ini terbukti Jerman menjadi korban, sebagai juara bertahan, tersingkir lebih awal di Piala Dunia 2018. Tim itu kandas di babak penyisihan grup setelah dikalahkan Korea Selatan 0-2 dalam laga terakhirnya di Grup F, Rabu malam, 27 Juni 2018.

Gol Kim Young-gwon dan Son Heung-min dalam laga yang berlangsung di Kazan itu sekaligus meneruskan tradisi buruk juara bertahan di turnamen empat tahunan ini. Seperti ada kutukan pada tim juara bertahan Piala Dunia.

Berikut ini negara – negara juara bertahan Piala Dunia yang kandas :

Prancis: juara 1998, tersingkir  Piala Dunia 2002
Italia: juara 2006, tersingkir Piala Dunia 2010
Spanyol: juara 2010, tersingkir Piala Dunia 2014
Jerman: juara 2014, tersingkir Piala Dunia 2018

Serba-Serbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *