Polandia Menang Tapi Jepang Lolos Babak 16 Besar

BERITA GOAL INDONEISA – Pertandingan terakhir fase grup Piala Dunia 2018 yang diadakan di Volgograd Arena, Kamis (28/6/2018) malam WIB, Samurai Biru kalah dengan skor Jepang vs Polandia 0-1. Namun tetap saja Jepang lolos babak 16 besar berkat poin fairplay.

Jepang lolos babak 16 besar sebagai runner-up Grup H dengan mengumpulkan empat poin. Jumlah poin, selisih gol, dan produktivitas gol Jepang sebetulnya sama dengan Senegal yang ada di posisi ketiga setelah kalah dari Kolombia di saat bersamaan.

Jepang ada di posisi yang lebih baik setelah unggul poin fairplay atas Senegal. Jepang punya empat kartu kuning, lebih sedikit dari Senegal yang punya enam kartu kuning.

Sementara itu, Kolombia menjadi juara Grup setelah mengumpulkan enam poin. Dua kemenangan di dapat atas Polandia dan Senegal.

BERITA GOAL INDONEISA – Jalannya Pertandingan

Jepang mengambil kendali permainan atas Polandia. Wakil dari Asia itu bermain dengan pressing-pressing dan umpan-umpan panjang yang langsung ke wilayah sepertiga akhir.

Peluang pertama Jepang baru tercipta di menit ke-12. Shinji Okazaki melepaskan percobaan lewat sundulan, namun bola melebar dari gawang Polandia.

Semenit kemudian, Jepang kembali mengancam gawang Polandia. Kali ini datang melalui tembakan Yoshinori Muto dari luar kotak penalti yang arahnya mampu ditepis Lukasz Fabianski.

Jepang Lolos babak 16 Besar

Polandia dalam situasi tertekan sejauh ini. Jepang kembali mengarahkan tembakan ke gawang Polandia di menit ke-17. Gotoku Sakai menusuk ke tengah, menerima sodoran Takashi Usami dan melepaskan tembakan kaki kiri, namun lemah dan bola bisa ditangkap Fabianski.

Jepang nyaris kebobolan di menit ke-33. Kamil Grosicki menanduk bola dan mengarahkannya ke tiang jauh. Bola tampak akan masuk ke dalam gawang Jepang, namun sebelum bola melewati garis gawang, Eiji Kawashima berhasil menepisnya.

Selang semenit, Jepang melakukan serangan balik. Penetrasi Usami menembus sisi kiri pertahanan Polandia dan umpan silangnya berhasil menciptakan kemelut di muka gawang, tapi bola dengan cepat diamankan Fabianski.

Tempo pertandingan di awal babak kedua berjalan lambat, namun kontrol bola masih tampak lebih banyak dikuasai Jepan.

Polandia mendapat peluang dari serangan balik di menit ke-53. Robert Lewandowski bebas dari kawalan kala mengejar umpan diagonal Piotr Zielinski, tapi ada Kawashima yang bergegas meninggalkan gawangnya dan menangkap bola.

Jepang kecolongan di menit ke-59. Bednarek bikin Jepang dalam situasi gagal ke 16 besar setelah sontekannya sukses menyambar tendangan bebas Kurzawa, bola meluncur ke dalam gawang tanpa bisa dihalau Kawashima. 1-0 Polandia memimpin.

Upaya Jepang untuk mencari gol penyeimbang datang di menit ke-72. Maya Yoshida melepaskan sundulan, yang meneruskan sepak pojok Shibasaki, namun bola melebar ke kanan gawang Polandia.

Polandia nyaris memperbesar keunggulan di menit ke-74. Lewandowski mendapat peluang emas menyambut umpan silang Grosicki, namun bola hasil yembakannya sedikit melambung di atas gawang Jepang.

Pertandingan berjalan lambat di lima menit akhir. Polandia bermain menunggu sementara Jepang lebih banyak memainkan bola-bola pendek. Kedua tim tampak tak ada niat untuk melakukan serangan. Hingga pertandingan usai, skor 1-0 bertahan untuk kemenangan Polandia. Hasil akhir ini membawa Jepang lolos babak 16 besar Piala Dunia.

Susunan Pemain:

Jepang: Kawashima; H.Sakai, Yoshida, Makino, Nagatomo; G.Sakai, Shibasaki; Yamaguchi, Usami (Inui 65′); Okazaki (Osako 47′); Muto (Hasebe 82′).

Polandia: Fabianski; Glik, Bednarek, Bereszynski; Kurzawa (Peszko 79′), Goralski, Krychowiak, Jedrzejczyk; Zielinski (Teodorczyk 79′), Grosicki, Lewandowski.

Piala Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *