Bobotoh Bebersih Menjadi Budaya Persib

GOAL INDONESIA – Ketika Persib Bandung melawan PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), ada kejadian menarik. Bukan hanya terkait kemenangan yang diraih Pangerang Biru pada duel yang berlangsung Minggu (8/7) ini. Melainkan aksi simpatik dari ribuan bobotoh bebersih seusai pertandingan.

Ya, mereka bahu-membahu untuk memunguti sampah saat laga melawan PSIS Semarang. Mereka lalu membuangnya di trash bag yang telah disediakan panpel Persib.

Sontak, pemandangan ini menarik perhatian publik. Bisa dipahami mengingat suporter Persib dikenal sangat fanatik kepada tim kesayangannya.

Mereka rela mengikuti ke mana pun skuat asuhan Mario Gomez bertanding. Dukungan fan itu yang jadi motivasi bagi Persib dalam mengarungi Go-Jek Liga 1 2018.

Baca juga : Persib Ancam Posisi Persija Di Klasemen Liga 1 Indonesia

Persib Bandung sedang gencar mengkampanyekan aksi “Bobotoh Bebersih”. Itu dilakukan karena Persib ingin membuat budaya positif untuk Bobotoh.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengatakan, aksi itu digalakkan karena Persib terinspirasi dengan suporter Jepang. Persib ingin membuat Bobotoh menjadi suporter dengan attitude yang baik.

“Kami sudah memulai kampanye kebersihan ini sejak menghadapi PSIS. Ini terinspirasi aksi suporter Jepang di Piala Dunia 2018. Jadi, dalam duel di GBLA itu, kami kampanyekan slogan #BobotohBebersih,” ujar Teddy, Selasa (10/7)..

Pihaknya pun memang sengaja menyiapkan beberapa tools demi memberikan fasilitas bobotoh yang tergerak hatinya untuk melakukan aksi itu.

“Kami fasilitasi kampanye kebersihan ini dengan menyediakan trashbag di stadion. Kami harapkan kampanye kebersihan ini bisa berjalan terus dan memberikan budaya baru untuk Bobotoh,” tambahnya.

“Kami berharap bisa mengajak Bobotoh untuk berpartisipasi dalam kampanye bersih ini baik di pertandingan kandang maupun tandang,” lanjut Teddy.

Sebelumnya, sepanjang Piala Dunia 2018, publik dunia dikejutkan aksi simpatik fan Jepang. Mereka rela memungut sampah yang berserakan di stadion setiap kali Yuto Nagatomo dan kawan-kawan tanding.

Aksi fan Samurai Biru itu yang diterapkan bobotoh. Apa yang dilakukan suporter Persib ini membuktikan penggemar sangat peduli lingkungan sekaligus mengangkat citra positif sepak bola di Tanah Air. Goal Indonesia sangat mendukung aksi #BobotohBebersih. Semoga aksi ini akan menjadi budaya yang selalu melekat di dalam jiwa para bobotoh.

Liga Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *